Thursday, June 26, 2008

tulisan iseng...(bener2 iseng...)

KACAMATA

Nafisah Fattah

''Wo...Bowo...tolongin mama angkat kardus ini dong...''

''Ih mama nih...kan ada bi Iyem, angkat berdua masak nggak kuat sih''

''Eh...kamu ini, yang cowok di sini cuman kamu, berhenti bentar kek maen game-nya''

''Tanggung nih ma, lagi seru!'' teriakku nggak kalah kenceng. Kututup lubang telingaku dengan buntelan kapas, aku tau pasti mama lagi ngomel, tapi gimana lagi. Hari minggu cuma sekali dalam tujuh hari, dan aku baru menemukan game internet yang udah lama ku incer. Papa lagi ke luar kota selama seminggu, jadi di rumah ini cuma tinggal aku, mama dan bi Iyem. Kakak tercintaku, Aisya masih kuliah di Ubaya sambil nge-koss dekat kampusnya. Tapi sesekali, dua minggu sekali pulang. Sedangkan aku sendiri masih kelas 3 menengah pertama di salah satu sekolah swasta Surabaya. Papa kerja di perusahaan travel. Walaupun nggak kaya-kaya amat. Tapi keluargaku, keluarga yang berkecukupan. Mama sendiri, karena pada dasarnya, orangnya nggak bisa diem, ada aja yang dikerjain, salah satunya nerima catering. Padahal tanpa mama kerjapun, penghasilan papa lebih dari cukup.

''Buat jaga-jaga kalo papamu lagi dateng setan pelitnya'' itu masih pembelaan diri yang pertama.

''kenapa sih ma, pake nerima catering segala,bukannya mama udah cocok di Butik tuh. Capek loh ma...'' aku berusaha sesekali jadi anak yang baik, yang perhatian sama ortu.

''buat nambah-nambah klo lagi ada barang disconan di Factory Outlet'' sambil lalu ke dapur

''Ih dasar mama'' apalagi alasan utamanya klo bukan karena penghematan.

Dan banyak lagi.

###

Sebenarnya orang tua ngasih nama aku Indra Wibowo. ''Wibowo'' nyomot dari nama ayah . jadi namaku sebenarnya cuma Indra doing. Guru bahasaku ketika ngabsen suka menyebutku dengan ''Indra tok'', tidak lucu. Temen-temen sekelas apalagi, suka iseng manggil bowo (ngasal deh…). Eh, pas aku curhat masalah namaku ini ke mama, beliauwati juga iseng manggil aku Bowo, lebih be-te lagi, pas gebetanku lagi datang ke rumahku. Mama dengan perasaan tega 180 derajat sengaja teriak manggil Bowo, Bowo dengan suara ceprengnya. Ih amit-amit deh, emang aku pelawak. Ce-Pe (alias Cewek Pujaan)ku kan tahunya aku Indra, bukan Bowo.

###

Akhir-akhir ini, mataku agak sliwer-sliwer kalo lagi baca. Parahnya lagi, makin sliwer beberapa hari ini.

''Duh...masak sih aku harus pake kacamata, gimana dong Din..?'' ucapku sambil pasang muka paling melas.

''ya gimana lagi, daripada matamu ntar malah parah, hayo??. Lagian apa salahnya make kacamata doang. Takut ngerasa punya tanggungan social?''

''Maksudnya?''

''Ya…orang ngiranya kamu pinter?,padahal aslinya dodol.'' jawab Dino males-malesan tanpa menoleh sedkitpun dari buku yang lagi asyik dibacanya.

''kamu yang dodol,aku nanya baek-baek, dijawabnya malah gitu'' aku manyun-manyun aja.

''Lah terus kenapa dong?'' dia dengan muka innocent malah balik nanya

###

Belum selesai, bingung mo ngelanjutin.

Hallah…tulisan nggak mutu. Sapa yang mo bantuin ngasih ide kelanjutannya. Makasih banget. Hehe..

No comments: